PERMAINAN
PRAMUKA
1.
REBUT DAN RAMPAS
Peralatan
: Tongkat
atau sapu lidi untuk tiap anak
Jumlah
pemain : bebas
Waktu
: 10 menit
Tujuan
: Melatih kecekatan & Melatih kesetiakawanan
Unsur
hiburan
Semua
anak membentuk lingkaran dengan jarak kira-kira 1 meter. Semakin ahli, jaraknya
dapat semakin jauh. Tiap anak memegang tongkatnya hingga berdiri tegak di
lantai. Bila ada perintah “ya” tiap anak harus melepaskan tongkatnya dan
cepat-cepat menangkap tongkat teman di sebelah kanannya. Bila tongkat itu sudah
keburu jatuh, maka ia dikeluarkan. Permainan ini sangat menyenangkan dan dapat
bervariasi. Jarak antar anak dapat diperbesar bila anak-anak sudah mampu,
perintah dapat berupa “kiri” atau “kanan”. Bila ingin permainan lebil lama,
maka setelah jatuh 3 kali baru dikeluarkan.
2.
PETANI DAN PENCURI
Peralatan
: Karet gelang atau tali, kantong kacang, atau potongan
kain
atau agar kelihatan sungguhan, sebuah apel.
Jumlah pemain : bebas
Waktu
: 8-10 menit
Tujuan
: Melatih kecepatan
Unsur hiburan
Anak-anak
membentuk lingkaran dan seorang anak, yang jadi pencuri disuruh keluar
ruangan. Selagi ia diluar, seorang anak ditunjuk sebagai petani. Sebuah
benda ditaruh di tengah lingkaran. Pencuri tadi datang dan berjalan diluar
lingkaran. Ia boleh memasuki lingkaran dari mana saja dan mencuri benda itu.
Petani harus menangkapnya pada saat pencuri menyentuh benda tersebut. Pencuri
itu harus lari
keluar dari lingkaran lewat jalan masuk tadi dan ia selamat bila ia dapat keluar tanpa tertangkap. Bila ia tidak tertangkap, maka petani itu harus jadi pencuri dan dipilih petani baru..
keluar dari lingkaran lewat jalan masuk tadi dan ia selamat bila ia dapat keluar tanpa tertangkap. Bila ia tidak tertangkap, maka petani itu harus jadi pencuri dan dipilih petani baru..
3. ARUNG JERAM
Tujuan :
a. Kerja sama tim.
b. Kekompakan regu.
c. Yang kuat membantu
yang lemah.
d. Menetapkan bersama
trategi manajemen secara tepat.
e. Menempatkan diri saat
bertindak/ menjalankan tugas.
Alat :
a. Tali besar ( diameter
4-5 cm/ seukuran tali Perahu ).( panjang tali sesuaikan dengan anggota regu
yang bermain. )
b. Kedua ujung tali di
ikat dengan kuat.
Pelaksanan :
a. Semua anggota regu
duduk melingkar dengan kedua kaki menjulur (selonjor) ke dalam lingkaran.
b. Tiap anggota regu
kedua tangannya memegang tali, jarak antar anggota regu 0,5 – 1 meter. Jarak
semakin rapat semakin baik.
Peraturan :
a. Semua anggota regu
berupaya untuk berdiri secara bersama-sama.
b. Saat mencoba berdiri,
kedua kaki/ lutut tidak boleh ditekuk ( Tetap Lurus )
c. Setelah dapat berdiri
bersama, kemudian berupaya duduk bersama kembali.
d. Diupayakan jangan ada
peserta yang terjatuh.
4. STICK GOYANG
Tujuan :
a. Menjalin Kerja sama
dan toleransi antar anggota.
b. Belajar saat menerima
dan kapan harus memberikan kesempatan kepada yang lain.
c. Berlatih menghadapi
segala rintangan atas asas kebersamaan.
Alat :
a. Tali Pramuka/ boleh
rafia. Sejumlah peserta.
b. Tongkat/ Balok/ papan
kayu/ Bambu . Panjang ( 2- 3 meter ) Diameter bebas.
c. Aneka Halang rintang.
Pelaksanaan :
a. Tiap anggota regu
berhak memegangi utas tali . boleh sebelah kanan atau kiri
b. Ditengah tarikan utas
tali, diletakkan balok/ bambu dengan tali dalam kondisi kencang.
c. Regu Menempuh suatu
perjalanan penuh rintangan dengan jarak bebas.
d. Regu dengan waktu
tempuh tercepat dan balok/ bambu tidak pernah jatuh itulah yang terbaik
e. Rintangan dapat dibuat
sedemikian rupa, sehingga perjalanan membawa balok/ bambu nampak penuh
tantangan. ( Melebar, menyempit, lompat, naik dan turun)
5. BAUT BARISAN
Tujuan :
Agar seluruh peserta bisa berkenalan lebih jauh, fisik maupun
sifat-sifat mereka, sekaligus melatih mereka bekerjasama dalam kelompok.
Langkah-langkah :
a. Peserta di bagi dalam
2 kelompok yang sama banyak (bila jumlah peserta ganjil, seorang pemandu bisa
masuk ke dalam salah 1 kelompok).
b. Pemandu menjelaskan
aturan permainan sebagai berikut :
1. Kedua keompok akan
berlomba menyusun barisan. Barisan disusun berdasarkan aba-aba pemandu :tinggi
badan, panjang rambut, usia dst.
2. Pemandu akan
menghitung sampai 10, kemudian kedua kelompok, selesai atau belum, harus
jongkok.
3. Setiap kelompok secara
bergantian memeriksa apakah kelompok lawan telah melaksanakan tugasnya dengan
benar.
4. Kelompok yang menang
adalah kelompok yang melaksanakan tugasnya dengan benar dan cepat ( bila
kelompok dapat meyelesaikan tugasnya sebelum hitungan ke 10 mereka boleh
langsung jongkok untuk menunjukkan bahwa mereka telah selesai melakukan tugas).
c. Sebelum pertandingan
di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah aturan mainnya
sudah dipahami dengan benar.
6. BERCERMIN
Latihan yang menyenangkan ini digunakan untuk mendiskusikan
perasaan dan sikap dalam menuntun dan mengikuti orang lain. Acara sore yang
baik.
Prosedur :
a. Setiap peserta memilih
pasangannya dan berdiri berhadapan dengan tangan ke atas dalam jarak kira-kira
sejengkal. Mereka menirukan gerak pasangannya, layaknya sebuah cermin, demikian
bergantian sesuai dengan keinginan mereka.
b. Untuk putaran kedua,
pasangan meneruskan bercermin, tapi kali ini kedua tangannya bersentuhan dengan
lembut.
c. Pada putaran ketiga,
mintalah mereka merapatkan tangan dengan kuat, dan melanjutkan menuntun
mengikuti bergantian.
Bahan diskusi :
1. Apa bedanya antara
ketiga pengalaman tadi ?
2. Bagaimana perasaan
anda pada setiap latihan menuntun dan mengikuti tadi ?
3. Adakah persamaan yang anda temukan dalam
hal menuntun dan mengikuti dengan kenyataan sehari-hari?
salam pramuka...!!!
ReplyDelete