Monday, June 3, 2013

Periksa Kondisi Hard Disk



Periksa Kondisi Hard Disk Komputer


Info gambar
Salah satu penyebab komputer sering “Hang” adalah hardisk yang sudah aus sehingga ada bagian yang tidak bisa di akses ( bad sector). Biasanya ini bisa terjadi jika komputer sering dimatikan tanpa shutdown atau listrik yang tiba-tiba sering mati (tanpa UPS). Selain itu mungkin juga karena memang umur hardisk yang memang sudah tua.
Jika ada bagian hardisk yang terkena bad sector, maka akan berimbas ke kinerja komputer, entah itu menjadi lambat sampai sering hang ketika menjalankan program tertentu. Selain itu juga data yang [pernah] tersimpan akan rentan mengalami kerusakan. Jika seperti itu, bagaimana cara memeriksa kondisi hardisk di komputer ?
Ada berbagai cara untuk memeriksa kondisi hardisk, jika dengan bawaan windows bisa menggunakan fasilitas scandisk, tetapi mulai windows XP untuk melakukan scandisk ini harus restart dulu. Cara lebih mudah dengan menggunakan software yang gratis. selain lebih mudahj, tampilannya juga lebih baik dan informatif. Dua contoh software ini adalah HD Tune dan HDDScan
Kelebihan lain 2 softwre itu adalah bersifat portable, sehingga bisa kita bawa kemana-mana melalui flasdisk dan tidak perlu install untuk menjalankannya.
1. HDD Tune, Hard Disk Utility
Di Aplikasi ini ada 4 fasilitas utama ( dalam 4 tab), yaitu Benchmark, Info, Health dan Error Scan. Benchmark untuk mengetahui seberapa cepat akses baca tulis dan waktu akses hardisk. Info memberikan informasi tentang drive dan fasilitas yang di support hardisk serta detail informasi tentang Firmware Hard Disk.

Health akan memberikan kondisi atau status “kesehatan” hardisk. Error Scan untuk memeriksa apakah ada yang rusak dengan Hardisk tersebut. Fasilitas Error scan ini yang kita manfaatkan untuk memeriksa kondisi hardisk. Agar hasilnya akurat maka jangan memeriksa dengan Quick Scan, hilangkan tanda cek di menu Quick Scan.

Jika ada blok yang berwarna merah, itu bagian hardisk yang rusak/error, dan biasanya di sebut dengan bad sector. Jika diakses bagian itu sering menyebabkan komputer hang. Selain informasi tersebut HD Tune juga memberikan informasi suhu /temperatur Hard Disk.
Download http://www.hdtune.com/
2. HDDScan
Aplikasi kedua ini lebih mengkhususkan diri untuk memeriksa kondisi hardisk ( low level HDD Scan), sehingga informasi scan lebih detail, yaitu dengan menampilkan waktu akses masing-masing blok (bagian) di hardisk. Informasi baca tulis juga di sertakan. HDDScan men-support IDE/SATA/SCSI hard disk drives, RAID arrays, external USB/Firewire hard disks dan juga Flash cards. Berikut contoh tampilan scan dengan HDDScan ( versi 2.8).

Hardisk yang masih baik seharusnya blok yang berwarna hijau sangat sedikit atau tidak ada demikian juga blok yang berwarna orange atau merah. Jika ada blok yang berwarna merah, maka kedepannya bisa menjadi bad sector (warna biru tua). Sedangkan blok yang berwarna biru tua (bad blok) menunjukkan bad sector (tidak bisa diakses), sehingga harusnya tidak ada.

Sebenarnya versi terbaru HDDScan adalah 3.1, tetapi dengan tambahan skin malah menyebabkan agak lambat dan pengoperasiannya masih mudah versi 2.8. Meskipun di versi baru ada tambahan fasilitas sensor suhu dan perbaikan bugs lainnya.
Informasi tambahan : pastikan ketika melakukan scan hardisk, tidak sambil menjalankan aplikasi lain
Low Level Format (LLF) adalah proses untuk menentukan posisi track dan sector dalam hard disk, dan menentukkan struktur dari track dan sector dari hard disk tersebut. proses ini disebut formating yang sebenarnya

http://cyberhadi.com/hardware/menangani-harddisk-rusak-bad-sector-dengan-low-level-format.html

Menangani harddisk rusak bad sector dengan Low level format

harddisk
Harddisk memang sangat penting sekali dalam perangkat komputer kita, karena data-data penting kita bersemayam disana. Sungguh sangat ironis sekali jika kita harus dipusingkan oleh bad sector yang biasanya selalu menghantui harddisk kita.
Penulis sering mengalami masalah ini, maka dari itu penulis mencoba mencari penyelesaiannya, salah satunya dengan low level format.
Untuk mengetahui apakah komputer kita mengalami bad sector apa tidak ada banyak cara tergantung OS yang kita gunakan.
1.      Os Win98
  • a.Klik Start run ( Winkey+R)
  • b.Ketik ‘scandisk c: /surface’ (tanpa tanda kutip)
  • Kemudian akan muncul tampilan layar scandisk
  • Anda bisa lihat apakah harddisk anda mengalami bad sector apa tidak
2.      OS winXP or win2003
  • Klik start run (Winkey+R)
  • Ketik chkdsk /f /v /r /x c:
  • Biasanya komputer akan minta restart (tekan y kemudian enter) untuk merestart komputer
  • Setelah itu maka akan muncul proses scan pada harddisk anda. Silahkan dilihat apakah harddisk anda mengalami badsector atau tidak (biasanya kalau prosesnya lama atau berhenti ditengah proses komputer anda sudah mengalami bad sector.
Jika anda yakin komputer anda terkena badsector maka anda bisa menjalankan low level format.
Berikut langkah-langkah menjalankan low level format:
Persiapan:
  1. satu buah hardisk yang akan di low format.
  2. disket
  3. secangkir kopi (biar tidak ngantuk)
Pelaksanaan:
1.      Backup semua data yang ada di harddisk yang akan di low level format agar data anda tidak hilang.
2.      Download software untuk low level format sesuai dengan merk harddisk yang anda punya (setiap vendor berbeda). Berikut ini saya sediakan link untuk download beberapa software low level format:
1.      Sutil untuk harddisk merk Samsung
2.      Seatool untuk harddisk merk Seagate
3.      Maxblast untuk harddisk merk Maxtor klik
4.      Data lifeguard untuk harddisk Western Digital
3.      Setelah anda download salah satu software diatas sesuai dengan merk harddisk anda maka langkah selanjutnya adalah install software Low level format diatas kedalam sebuah disket
4.      Setelah selesai, Restart komputer anda kemudian booting melalui disket
5.      Kemudian anda bisa menjalankan low level format sekarang, ikuti saja langkah-langkahnya.
6.      Low level format yang anda jalankan sudah selesai.
Nah, sekarang Harddisk yang anda punya sudah seperti baru lagi. Anda sudah bisa menginstall OS yang anda suka atau kalau nggak mau susah (ghost aja dengan harddisk lain). Jika ada komentar silahkan tinggalkan pesan. Terima kasih!?!


No comments:

Post a Comment