Monday, January 9, 2017

TIPS BERSEPEDA UNTUK PEMULA


Lendang Penyonggok-menuju Kembang Sri (Area Kaki Gunung Rinjani)

Berikut adalah Tips Bersepeda Ringan untuk pemula dari Dokter Sepeda (@Polygon_School)
Kesehatan adalah segalanya, tanpa kesehatan kita tidak berarti apa-apa. Pernyataan ini patut diperhatikan, karena bila tidak akan berakibat fatal, bahkan hingga kematian, jadi siapapun Anda, kita wajib mengolah fisik kita agar tetap bugar dan sehat.
Apakah olah raga sepeda bisa untuk semua kalangan atau pemula? Tentu saja Boleh..
1.  Saran pertama adalah, jangan bersepeda di cuaca yang sangat panas. Pagi dan Sore sangat tepat waktunya. Ini dimaksudkan untuk menjaga Cardionya saja, dan menghindari dehidrasi berat.
2.  Untuk pemula, intensitas bersepeda nya cukup di level medium dan intensitas rendah saja.
3.  Bersepeda membutuhkan energi lebih, jadi konsumsilah karbohidrat, lemak, dan protein sebelum bersepeda.
4.  Secara umum akan lebih efekif dan terkendali berolahraga untuk pemula sekitar 30 menit. Dan juga perlu diperhatikan untuk memposisikan gear ringan atau kecepatan di 15- 20 km/ jam dalam waktu sekitar 20-30 menit, dan ingat jangan dipaksakan. Berbeda dengan kadar bersepeda para atlit dimana sudah memiliki indikator-indikator serta memanage aktivitas fisik dengan terukur. 
5.  Setelah bersepeda, pastikan minum air putih dan juga teh manis hangat. Bisa juga minum air dingin. BUKAN AIR DENGAN ES BATU.
6.  Setelah itu, bila ingin langsung mandi, gunakan air hangat.
7.  Lakukan olahraga bersepeda ini paling tidak 3x seminggu. Cukup dengan 30 menit saja. Dan bila kondisi fisik tidak baik, atau sedang sakit anda harus tunda olah raga. Tidak boleh dipaksakan.

Selamat mencoba dan hati-hati..!! 
Untuk pertanyaan seputar sepeda dan kesehatan bisa langsung hubungi akun @Polygon_School di twitter untuk info lebih lanjut.
Nambah, boleh juga lihat-lihat route bersepeda di Facebook blogger.
Yukkk klik Kem Hie


Sumber: http://www.polygonbikes.com

No comments:

Post a Comment