Tuesday, January 7, 2014

KMP MUNAWAR FERY TENGGELAM DI PERAIRAN SELAT ALAS

 04 Januari 2014




Lombok Timur (ANTARA News)- KMP Munawar Ferry yang tenggelam Jumat dini hari diduga bocor.

KMP Munawar  mengangkut puluhan penumpang dari Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat.

Beberapa penumpang yang selamat, ketika dihubungi di Poto Tano, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, mengaku melihat genangan air di bagian dek kapal sebelum KPM Munawar Ferry oleng dan tenggelam.

Manager Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kayangan M Yasin yang dikonfirmasi tentang hal itu, mengaku belum dapat menjelaskan mengenai penyebab tenggelamnya kapal, karena segalanya masih dalam proses penyelidikan.

Menurut dia, KMP Munawar Ferry berangkat mengangkut penumpang dan barang dari Pelabuhan Kayangan menuju Pelabuhan Poto Tano pada Jumat dini hari sekitar pukul 02.45 Wita.

"Berangkat pukul 02.00 Wita lebih, namun kapal baru kami ketahui tenggelam pada pukul 04.00 Wita," kata Yasin.

Sementara itu, M Arawana, relawan Radio Antar-Penduduk Indonesia (RAPI) NTB yang tergabung dalam tim SAR menyebutkan, berdasarkan informasi dari sejumlah penumpang yang selamat, sejak berangkat dari Pelabuhan Kayangan, KMP Munawar Ferry sudah diketahui mengalami kebocoran.

"Penumpang sudah memberitahu petugas kapal tentang kebocoran itu, tapi tidak ada tanggapan yang berarti," ujar dia.

Dia melanjutkan, pada pukul 03.45 air laut akhirnya memenuhi bagian dek kapal, hingga penumpang yang berjumlah sekitar 150 orang mulai dilanda ketakutan. Suasana di kapal tercekam kepanikan luar biasa.

"Pada pukul 04.00 Wita, akhirnya KMP Munawar Ferry benar-benar tenggelam. Untungnya sebelum kapal tenggelam ke dasar laut, sekitar 90 persen penumpangnya berhasil diselamatkan dan dievakuasi oleh KMP Marina Kuintan yang sedang lewat di lokasi kejadian," ucapnya. 

No comments:

Post a Comment